JEMBER – Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jember menyelenggarakan program senam bersama dan pemerikasaan kesehatan program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) bersama dengan Klinik Pratama Rawat Inap Dokterku Taman Gading pada Minggu (14/7/2024).
Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ke-56.
Kegiatan yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan ini merupakan program pengelolaan penyakit kronis untuk Lansia.
Dalam program ini, BPJS Kesehatan memberikan edukasi kepada para Lansia terkait pentingnya menjaga kesehatan.
Edukasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup peserta BPJS yang menderita penyakit kronis melalui pengelolaan kesehatan yang lebih baik dan terpadu, dengan melakukan aktivitas fisik yang teratur dan terarah yang disarankan bagi orang lansia serta pemeriksaan kesehatan bagi para lansia.
Prolanis harus bersinergi dengan seluruh stakeholder untuk memastikan program berjalan efektif dan mencapai tujuannya dengan optimal.
Penyakit kronis memerlukan pendekatan yang holistik dan terintegrasi.
Dengan melibatkan berbagai stakeholder, mulai dari pemerintah, fasilitas kesehatan, tenaga medis, pasien, hingga komunitas, Prolanis dapat memberikan layanan yang lebih menyeluruh.
Melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholder, edukasi dan kampanye kesehatan dapat menjangkau lebih banyak orang.
Dukungan dari berbagai stakeholder memastikan bahwa program Prolanis dapat berkelanjutan.
Dengan adanya komitmen bersama, program ini tidak hanya bergantung pada satu pihak saja, melainkan menjadi tanggung jawab bersama.
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Jember, Yessy Novita mengatakan Prolanis Day dengan kegiatan promotif preventif bagi peserta JKN, khususnya Peserta Prolanis dalam melakukan perubahan perilaku hidup sehat melalui kegiatan Senam Prolanis dan adanya sinergi yang baik antara seluruh stakeholder, Prolanis dapat memberikan dampak yang lebih besar serta berkelanjutan bagi peningkatan kualitas hidup pasien.
“Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis ini merupakan program dari BPJS Kesehatan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup para penderita penyakit kronis dan merupakan kegiatan terintegrasi yang membutuhkan kerja sama atau sinergi solid antara BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan dan pasien,” ucap Yessy.
Salah seorang peserta, Pujihati, mengungkapkan sudah terdaftar pada kepesertaan aktif mulai 2012 mulai zaman PT Askes sampai dengan dikelola BPJS Kesehatan.
Sebagai peserta segmen PPUPN (Pekerja Penerima Upah Pegawai Negeri) merasa bersyukur memiliki BPJS karena sudah terjamin akses kesehatanya dan tidak risau jika sewaktu-waktu membutuhkan akses pelayanan kesehatan.
“Saya terdaftar di kelompok prolanis ini mulai 2019, karena memang saya tensinya tinggi dan sudah sering rawat inap juga. Sehingga memang rutin untuk pemeriksaan pada FKTP Klinik Rawat Inap Dokterku Taman Gading, akhirnya karena rutin saya ikut kelompok prolanis. Program ini saya kira baik sekali, karena pasien sangat diperhatikan sekali, setiap 6 bulan sekali kami check up gratis alhamdulillah berkat BPJS Kesehatan. Kalau pelayanan sangat bagus sekali di RS bagus apalagi di klinik bagus juga, bukan saya bagus-bagusi, tapi emang kenyataanya seperti itu” ungkap Pujihati.
Tutik Sutianing, salah seorang peserta juga menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan dan FKTP yang telah hadir dan memberikan layanan kepada masyarakat.
Menurutnya, hal ini memberikan kemudahan bagi kebanyakan masyarakat, termasuk pemeriksaan atau sejenisnya yang dilakukan untuk meningkatkan edukasi kepada peserta, Melakukan pemeriksaan kesehatan yaitu pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan berat badan, pengukuran lingkar perut, pemeriksaan gula darah puasa serta pemberian makanan tambahan (PMT) bagi Lansia.
“Sudah lama saya terdaftar pada kepesertaan BPJS Kesehatan, dan ikut program prolanis mulai 2015. Saat usia sudah lebih 40 tahun tensi selalu tinggi dan diarahkan untuk selalu kontrol ikut senam setiap hari Sabtu. Alhamdulillah, pokoknya pelayanan baik sekali. Makanya saya bersyukur memiliki akses kesehatan yang memberikan kemudahan dalam pelayanan tidak ribet. Rutin ikut untuk pemeriksaan dan ada penyuluhan dari dokter, memberikan edukasi mengenai kesehatan kami. Selamat ulang tahun BPJS Kesehatan semakin jaya dan hebat, mudah dan cepat memuaskan peserta” tutup Tutik.
Sumber rilis: Humas BPJS Kesehatan Jember