Budaya  

Pemdes Lampeji Jember Gelar Karnaval Budaya Bertajuk Bhineka Tunggal Ika

Karnaval budaya di Desa Lampeji
Karnaval budaya di Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember. (Foto: Zainul Hasan/brichio.com)

Brichio.com, JEMBER – Pemerintah Desa (Pemdes) Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar karnaval budaya bertajuk Bhineka Tunggal Ika pada Minggu, 10 September 2023.

Kegiatan tersebut melibatkan 12 lembaga pendidikan mulai SD, Madrasah Ibtidaiyah, SMP, hingga seluruh RT/RW dan ribuan masyarakat setempat.

Selain itu, beberapa desa tetangga juga turut berpartisipasi meramaikan kegiatan ini dengan berbagai atribut kesenian dan budaya khas masing-masing.

Start dari lapangan Dusun Kemirisongo, ratusan peserta karnaval berjalan melewati Dusun Curahlaos, Sumberagung, dan Peji Mangar kemudian finish di lapangan Desa Lampeji.

Istimewanya, karnaval yang digelar dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini juga menyediakan door prize bagi peserta terunik, terkompak, paling serasi, dan paling sesuai dengan tema kemerdekaan.

“Peserta yang beruntung akan dapat hadiah berupa uang pembinaan. Hadiah itu untuk memotivasi masyarakat agar ke depan lebih kreatif lagi,” ucap Kepala Desa Lampeji, Arie Wahyudi.

Selain jajaran pemerintah desa, jajaran Muspika Mumbulsari juga turut hadir memeriahkan karnaval budaya ini.

Penulis: Zainul Hasan | Editor: Hermanto

Konten tidak dapat disalin