Budaya  

Ketika Ogoh-Ogoh Bertandang ke Jember, Bagaimana Respon Warga?

Ogoh-ogoh dan Reog dalam Parade Budaya Pemkab Jember - Jembrana. (Foto: Diskominfo Jember for Brichio.com)
Ogoh-ogoh dan Reog dalam Parade Budaya Pemkab Jember - Jembrana. (Foto: Diskominfo Jember for Brichio.com)

Brichio.com, JEMBER – Untuk kali pertama, Ogoh-ogoh terlihat di Alun-alun Kota dalam pagelaran seni budaya yang diinisiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember bersama Pemkab Jembrana, Sabtu (13/5/2023).

Sontak kehadirannya di Kota Tembakau ini membuat ribuan mata dan kamera Smartphone masyarakat banyak yang tertuju kepadanya.

Bagi masyarakat, kemunculannya di wilayah setempat merupakan warna baru, mengingat Ogoh-ogoh biasanya hanya tampil dalam festival kebudayaan masyarakat Bali maupun di beberapa daerah selain Jember.

“Senang banget bisa melihat Ogoh-ogoh di Jember. Gak usah jauh-jauh ke luar kota, di sini juga ada,” ucap salah seorang penonton asal Kecamatan Pakusari, Zaenullah.

Selain Ogoh-ogoh, parade budaya juga mempersembahkan tarian tradisional lain seperti Tari Watu Ulo, Tarian Jauk Manis dan yang lainnya.

“Mudah-mudahan tahun depan ada Ogoh-ogoh lagi. Mohon kepada Bapak Bupati Hendy, tahun depan bikin parade budaya seperti ini lagi, yang ada Ogoh-ogoh nya,” pinta penonton asal Kecamatan Patrang, Fatma Nadifa.

Penulis: Zainul Hasan | Editor: Hermanto

Konten tidak dapat disalin