Opini  

BPBD Jember Gelar Latihan Penyelamatan Air untuk Meningkatkan Kemampuan TRC

TRC BPBD Jember. (Foto: Istimewa)
TRC BPBD Jember. (Foto: Istimewa)

JEMBER – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur, telah menggelar latihan penyelamatan air di Sungai Induk Bedadung, Desa Curah Malang, Kecamatan Rambipuji, Rabu (10/7/2024).

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel Tim Reaksi Cepat (TRC) dalam melakukan pertolongan dan penyelamatan korban kecelakaan air, baik di sungai maupun di laut.

Sebanyak 30 personel TRC BPBD Jember turut serta dalam latihan penyelamatan air yang digelar di Sungai Induk Bedadung tersebut.

Dalam latihan yang melibatkan Pos SAR Basarnas Jember, personel TRC BPBD Jember dilatih agar mampu berlari, berenang, dan mendayung perahu karet secepat mungkin menuju titik penyelamatan.

“Mereka harus mampu mengangkat korban kecelakaan air dari sungai ke atas perahu karet yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian pertolongan pertama hingga menuju mobil ambulan,” ucap Widodo Julianto, Kepala BPBD Kabupaten Jember.

Widodo juga menekankan pentingnya latihan ini untuk meningkatkan kemampuan personel TRC BPBD Jember dalam melakukan penyelamatan korban kecelakaan air.

“Selain latihan penyelamatan air, BPBD Jember juga menggelar latihan lainnya agar seluruh personel lebih sigap dan cepat dalam memberikan pertolongan bagi korban bencana alam dan non bencana alam,” pungkas Widodo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten tidak dapat disalin