Budaya  

Kueren, RTH Arjasa Jember Bertranformasi Jadi Kampoeng Creative JFC

JFC
Treatrikal JFC di Pendapa Wahyawibawagraha, Jumat (27/1/2023).

Brichio.com, JEMBER – Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur, kini bertransformasi menjadi Kampoeng Creative JFC.

Soft launching digelar di Pendapa Wahyawibawagraha pada Jumat, 27 Januari 2023. Dihadiri langsung oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto, bersama Ketua TPPKK, Kasih Fajarini.

Ketua Yayasan Jember Fashion Carnaval (JFC), Budi Setiawan, mengatakan bahwa ide untuk merubah RTH menjadi Kampoeng Creative JFC bermula dari usulan Bupati Hendy.

“Waktu itu Bupati bilang, bahwa RTH jadi Kampoeng Creative. Itu menjadi motivasi bagi kami untuk memperkenalkan budaya lokal ke dunia internasional,” ucapnya.

Ke depan, Budi berharap Campoeng Creative JFC bisa menjadi salah satu ikon di Kota Tembakau yang dapat memperkenalkan budaya lokal ke dunia.

“Selain itu, bisa menunjang ekonomi masyarakat. Kampoeng Creative JFC juga mendukung MBKM. Banyak sejarah lokal yang bisa dipelajari. Seperti sejarah Kerajaan Tawang Aloen, Arjasa dan yang lainnya,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan, masyarakat wajib menghormati dan bangga dengan lokal wisdom (kearifan lokal).

“Mencintai kearifan lokal sama seperti mencintai diri kita sendiri. Kalau keluar daerah menyalurkan kreativitas, itu menyenangkan diri sendiri. Kalau anda menyenangkan diri sendiri, itu artinya kamu menyenangi global wisdom,” ujarnya.

Selanjutnya, Hendy berpesan kepada Ketua Yayasan JCF agar langsung tancap gas mengenalkan Kampoeng Creative JFC sebagai budaya lokal.

“Memang tidak mudah. Apalagi JFC sudah bertahan sejauh ini sampai dikenal ke luar negeri. Bangga kita, Pak,” tandasnya.

Dalam penandatanganan komitmen bersama ini, kata Hendy, merupakan kolaborasi semua pihak untuk membangun ekonomi di wilayah setempat.

“Tentunya perlu dukungan dari semua pihak. Jurnalis, UMKM dan yang lain itu menjadi satu. Menjadi kolaborasi yang total,” pungkasnya.

Konten tidak dapat disalin