Khusus Generasi Internet! Lakukan Ini Jika Ingin Sukses Seperti Ganjar dan Mahfud MD

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar - Mahfud, Tuan Guru Bajang (TGB), Zainul Majdi, menyampaikan pidato saat kunjungan ke Posko Tim Pemenangan Daerah Jember, Minggu (26/11/2023). (Foto: Teamwork)
Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar - Mahfud, Tuan Guru Bajang (TGB), Zainul Majdi, menyampaikan pidato saat kunjungan ke Posko Tim Pemenangan Daerah Jember, Minggu (26/11/2023). (Foto: Teamwork)

Brichio.com, JEMBER – Generasi Z alias generasi internet merupakan anak yang lahir pada 1996 sampai 2012. Mereka yang lahir di rentang waktu tersebut saat ini telah berusia antara 12 – 27 tahun. Beberapa masih menikmati masa remaja, ada juga yang telah menjadi mahasiswa.

Berbeda dengan generasi milenial, generasi Z lahir dan tumbuh bersamaan dengan pesatnya perkembangan teknologi. Mereka akrab sekali dengan dunia internet maupun teknologi digital. Wajar jika mereka melek teknologi.

Generasi Z atau biasa disingkat Gen Z, memiliki keunikan tersendiri. Mereka dipandang lebih kreatif dan suka mengeksplorasi, terutama yang berkaitan dengan industri kreatif seperti vlogger, podcast, konten kreator, dan lainnya. Bahkan beberapa ada yang sampai mendirikan perusahaan start-up sendiri.

Namun sisi negatifnya, mereka dipandang suka bermalas-malasan. Hal tersebut lantaran Gen Z dimanja dengan berbagai kemudahan dan sangat bergantung ke teknologi. Sebagian bahkan memiliki tingkat stres yang lebih tinggi.

Untuk itu, Gen Z perlu memiliki sosok figur yang bisa menjadi teladan bagi masa depan mereka. Figur yang bukan hanya bicara soal visi dan misi kepemimpinan saja, namun juga bisa memberikan contoh konkret bagi generasi muda. Ganjar Pranowo dan Mahfud MD misalnya.

Jika hanya untuk sekadar sebagai tauladan sukses, kedua pasangan calon (Paslon) Capres dan Cawapres RI ini nampaknya sudah cukup untuk diperhitungkan. Keduanya kaya pengalaman. Ganjar seorang politisi, sedangkan Mahfud MD akademisi.

Ganjar pernah menjadi anggota DPR fraksi PDI Perjuangan periode 2004 – 2009 dan 2009 -2013. Dia juga pernah menjadi Gubernur Jawa Tengah dua periode sejak 2013 – 2023. Belum lagi deretan prestasi yang telah dia torehkan.

Mahfud MD juga tidak kalah berpengalaman dibanding Paslon Cawapres lainnya. Dia pernah menjadi Menteri Kehakiman pada 2000 – 2001, anggota tim konsultan ahli pada bidang pembinaan hukum nasional (BPHN) Depkum HAM RI, Ketua Mahkamah Konstitusi RI pada 2008 – 2013, dan deretan jabatan lainnya. Terakhir sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud, Tuan Guru Bajang (TGB), Zainul Majdi, menganggap Ganjar – Mahfud merupakan pasangan serasi. Perbedaan latar belakang keduanya saling melengkapi. Apalagi keduanya sangat cakap sehingga patut dijadikan panutan bagi Gen Z.

“Salah satu ciri Gen Z itu, mereka sangat mencintai proses. Pada diri Pak Ganjar dan Pak Mahfud ini memiliki potret anak bangsa yang sangat matang. Keduanya merintis karir dari bawah sejak lama sampai dipercaya memimpin Indonesia,” ucap Zainul Majdi saat kunjungan ke Posko Tim Pemenangan Daerah (TPD) Jember, Minggu (26/11/2023).

Penulis: Zainul Hasan | Editor: Hermanto

Konten tidak dapat disalin