Hore! Jember Tembus Lima Besar FORDA 1 Jatim 2023 di Malang

Atlet asal Kabupaten Jember foto bersama usai terima medali dalam FORDA 1 Jatim di Malang. (Foto: Diskominfo Jember for Brichio.com)
Atlet asal Kabupaten Jember foto bersama usai terima medali dalam FORDA 1 Jatim di Malang. (Foto: Diskominfo Jember for Brichio.com)

Brichio.com, JEMBER – Kabupaten Jember berhasil berada di posisi 5 besar diantara kabupaten/kota se-Jawa Timur dalam Festival Olahraga Masyarakat Daerah (FORDA) 1 Jatim 2023 yang digelar di Kota Malang pada 27 hingga 30 Mei 2023 kemarin.

Tercatat, Kabupaten Jember berhasil menorehkan 20 medali yang terdiri dari 5 medali emas, 8 medali perak dan 7 medali perunggu.

Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jember, H Tri Basuki, mengaku bangga dengan capaian yang luar biasa tersebut.

“Dari 11 induk olahraga yang diikuti, kami membawa pulang medali. Ini pencapaian yang spektakuler. Mengingat ini baru pertama kali digelar, tapi Jember bisa berada di posisi lima besar,” ucapnya, Rabu (31/5/2023).

Kendati demikian, Tri Basuki menyadari bahwa perjalanan yang ditempuh para atlet untuk sampai ke puncak itu juga tidak main-main.

Sebelum berlaga, para atlet terlebih dahulu dihadapan dengan seleksi ketat maupun test contact (TC) hingga menjelang pertandingan.

“Tapi peringkat ini bukanlah yang sesungguhnya. Saya yakin Jember bisa berada pada peringkat yang lebih tinggi jika melakukan hal yang sama seperti kabupaten/kota lain,” bebernya.

Dari 31 total induk olahraga (Inorga), Kabupaten Jember hanya mampu mengikuti 11 Inorga saja dan hanya memberangkatkan 102 atlet untuk berlaga di Inorga yang diikuti tersebut.

Hal itu terlihat jauh dika dibanding Surabaya yang menempati posisi peringkat pertama dengan mengeluarkan 290 atlet dan Malang di posisi kedua yang mengeluarkan 698 atlet.

“Dari persentase atlet yang turun jika sama dengan ke dua kota tersebut, saya yakin Jember bisa juara. Makanya FORDA mendatang, Jember bisa juara kalau mengikuti seluruh Inorga yang dilombakan,” ujarnya.

Tri Basuki berharap, ke depan masyarakat dan setiap sekolah hendaknya berperan aktif untuk melaksanakan olahraga masyarakat ini, palagi setiap Inorga cukup simple dan sangat menarik.

“Dengan begitu, Jember mampu memiliki bibit atlet untuk mengikuti FORDA ke dua dan begitu seterusnya,” pungkasnya.

Penulis: Zainul Hasan | Editor: Hermanto.

Konten tidak dapat disalin