JEMBER – Dalam momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 BPJS Kesehatan, Kantor Cabang Jember memiliki cara unik untuk menyampaikan apresiasi kepada para peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), salah satunya adalah dengan membagikan snack sehat lengkap dengan pesan inspiratif kepada peserta yang datang ke kantor pelayanan.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember, Yessy Novita, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah menjadi bagian dari gotong royong dalam Program JKN.
“Kegiatan pemberian Snack Sehat untuk Peserta ini kami selenggarakan sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih kepada peserta JKN yang telah menunjukkan komitmen serta kepercayaannya terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional,” kata Yessy.
Menurutnya, snack yang diberikan terdiri dari makanan dan minuman sehat seperti bubur kacang hijau, susu UHT, dan kacang rebus.
Uniknya, pada kemasan snack juga disisipkan pesan-pesan moral dan inspiratif sebagai bentuk komunikasi yang lebih humanis dengan peserta.
“Melalui snack sehat ini, kami ingin menyampaikan pesan moral bahwa menjaga kesehatan bisa dimulai dari hal-hal sederhana, seperti membiasakan pola makan yang sehat,” ujarnya.
Yessy menambahkan, kegiatan tersebut tidak hanya bertujuan menjalin kedekatan emosional, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan peran BPJS Kesehatan dalam menjamin akses layanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara.
Salah satu peserta yang menerima snack sehat adalah Dewi (48), warga Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Ia datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan registrasi Aplikasi Mobile JKN dan mengaku senang dengan pelayanan yang ia terima.
“Saya dan keluarga sudah beberapa kali menggunakan layanan BPJS Kesehatan, dan sejauh ini semuanya berjalan lancar. Pelayanannya mudah, cepat, dan yang paling penting, tidak ada perbedaan perlakuan,” ujarnya.
Dewi yang merupakan peserta JKN melalui kepesertaan suaminya yang berstatus ASN juga mengapresiasi layanan digital yang dihadirkan BPJS Kesehatan.
Menurutnya, Aplikasi Mobile JKN sangat membantu dalam mengakses layanan kesehatan.
“Saya bisa ambil antrean langsung dari rumah lewat HP, jadi tidak perlu menunggu lama di fasilitas kesehatan. Saya juga bisa mengecek riwayat layanan dan informasi kepesertaan langsung dari aplikasi. Inovasi ini sangat membantu kami sebagai peserta,” tutur Dewi.
Yang menarik, Dewi juga sempat membaca pesan yang tertera di kemasan snack yang ia terima dan merasa tersentuh dengan isinya.
“Kata inspiratif dari makanan sehat yang saya peroleh berbunyi ‘setara berarti tidak ada yang lebih utama, semua mendapatkan hak yang sama.’ Itu sesuai yang saya rasakan,” katanya.
Ia berharap ke depan BPJS Kesehatan terus menjaga mutu layanan dan menghadirkan lebih banyak inovasi yang memudahkan peserta.
“Pelayanan BPJS Kesehatan sudah sangat baik dan mudah, tinggal kita sebagai peserta juga harus disiplin dan paham cara mengaksesnya,” pungkasnya.