Workshop Merintis Bisnis Homestay Bakal Berlangsung di Jember

Brichio.com, JEMBER – Progam Studi Perhotelan Universitas Muhammad (Unmuh) Jember, menggandeng HPI DPC, PHRI BPC, serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat bakal menggelar workshop merintis bisnis homestay dan manajemen pengelolaannya.

Kegiatan tersebut dijadwalkan pada Kamis, 16 November 2023, mendatang, bertempat di Laboratorium Program Studi Perhotelan Unmuh Jember.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jember, Hasti Utami, mengatakan pariwisata merupakan salah satu sektor penting yang perlu dikembangkan dengan serius.

Oleh karena itu, para stakeholder pariwisata di wilayah setempat mulai bergerak memberikan sumbangsih perihal pengembangan homestay di kawasan wisata.

Hasti Utami menyadari, untuk mengembangkan homestay di kawasan pariwisata tidaklah mudah, masih diperlukan kolaborasi dengan stakeholder agar hasilnya menjadi maksimal.

Workshop yang bakal digelar ini merupakan salah satu wujud nyata untuk mengembangkan new homestay di tempat wisata.

“Selama ini belum ada homestay yang berdiri di sejumlah wisata di Jember. Minimal ada satu homestay satu kamar di wisata,” ujar Hati Utami.

Target workshop adalah menghasilkan pembangunan homestay baru di beberapa wisata yang ada, terutama yang banyak dikunjungi wisatawan belakangan ini.

Adapun peserta workshop adalah para pemilik homestay dan juga embrio new homestay di kawasan wisata.

“Bukan hanya pelatihan saja, tapi kami juga akan bekerja sama dengan DPMPSP Jember untuk mengurus perizinan calon homestay tersebut,” pungkas Hasti Utami.

Konten tidak dapat disalin