Jember Sabet Juara 1 Lomba UMKM di Pura Mangkunegaran Solo

Ketua Dekranasda Jember, Kasih Fajarini, foto bersama Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, usai menerima penghargaan Juara 1 pada Lomba UMKM. (Foto: Diskominfo Jember for brichio.com)
Ketua Dekranasda Jember, Kasih Fajarini, foto bersama Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, usai menerima penghargaan Juara 1 pada Lomba UMKM. (Foto: Diskominfo Jember for brichio.com)

Brichio.com, JEMBER – UMKM Kabupaten Jember berhasil menyabet juara 1 pada Lomba UMKM kategori Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota di Pura Mangkunegaran Solo pada 10 – 13 Agustus 2023 kemarin.

UMKM dibawah Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) Jember ini berhasil menyingkirkan 2.000 pesaingnya se-Indonesia di ajang yang digelar dalam momentum Hari UMKM Nasional Expo ke-7 tersebut.

Kepala Diskopum Jember, Sartini, membawa berbagai produk unggulan khas Jember mulai coklat, ecoprint, batik, tape, edamame, handycraft, hingga cerutu dalam Lomba UMKM di Solo tersebut.

Diskopum juga membawa beberapa talent dari Jember Fashion Carnaval (JFC) sebagai magnet bagi pengunjung boot untuk berswafoto.

Berkat kreatifitas itu, Stand Jember berhasil menarik perhatian pengunjung hingga membuat Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka terkesan dan mengunjungi Stand Jember.

Secara terpisah, Bupati Jember, Hendy Siswanto, mengungkapkan kebanggaannya pada capaian prestasi yang ditorehkan UMKM.

Namun demikian, orang nomor satu di Kota Tembakau mengaku ini mengaku tidak akan berhenti berkarya sampai di situ saja.

“Perlu adanya dukungan agar potensi UMKM di Jember semakin maju. Dalam hal ini, pemerintah tidak bisa sendirian. Jutaan warga Jember perlu menjadi pendukung yang sebenarnya, yakni sebagai pembeli,” pungkas Hendy.

Prestasi membanggakan ini menyusul penghargaan yang sebelumnya telah diraih Hendy sebagai Pembina Koperasi dan UMKM terbaik se-Jawa Timur pada puncak Hari Koperasi ke-76 di Alun-alun Jember, Kamis (27/7/2023) lalu.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, kepada Bupati Hendy.

Tak ayal prestasi susulan ini membuat Hendy semakin semangat untuk berkarya dan membangun Jember bersama seluruh stakeholder yang ada.

Penulis: Zainul Hasan | Editor: Hermanto

Konten tidak dapat disalin