Wisata  

Jelajah Purba 2023: Jelajah Situs Megalitikum Jember

Kepala Disparbud Jember melepas peserta jelajah purba 2023 di halaman gedung serbaguna, Kaliwates. (Foto: Teamwork)
Kepala Disparbud Jember melepas peserta jelajah purba 2023 di halaman gedung serbaguna, Kaliwates. (Foto: Teamwork)

Brichio.com, JEMBER – Himpunan Peramuwisata Indonesia (HPI) DPC Jember menggandeng kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kamal Arjasa dan Panduman Jelbuk menggelar kegiatan jelajah purba pada Minggu, 10 Desember 2023.

Jelajah purba merupakan kegiatan wisata menyusuri keindahan desa-desa di lereng Argopuro, menjelajahi situs-situs megalitikum sambil mencicipi aneka kuliner lokal dan kesenian masyarakat.

Kegiatan ini didanai swadaya HPI DPC Jember bersama para peserta dan pendukung acara.

Selain dengan Pokdarwis Kamal dan Panduman, HPI juga berkolaborasi dengan UMKM, pelaku seni lokal dan didukung oleh Pemkab Jember melalui Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo dan Dinas Perhubungan, kemudian DPC Asita Jember, BPC PHRI Jember, Despar dan Politeknik Negeri Jember.

Dalam jelajah purba juga dilangsungkan launching Jember megalitikum trek batik purba dan objek wisata Argopuro.

Uniknya, di jelajah purba semua ini peserta naik motor, selain untuk memberikan warna baru dan keakraban juga sebagai solusi akses jalan ke beberapa situs dan spot dengan view terindah.

Pada rangkaian jelajah purba, peserta diajak berhenti untuk kulineran di beberapa shelter pemberhentian, menari dengan para seniman lokal (Can Macanan Kadduk dan Tak Butakan), belanja produk-produk desa (termasuk manggis dan durian murah), dan berfoto di panorama yang indah.

Selama trip, peserta didampingi pemandu wisata yang akan menceritakan perjalanan peradaban manusia di kawasan Argopuro.

Fakta sejarah menyebutkan bahwa Jember menjadi bagian penyebaran kebudayaan megalitikum.

Dataran tinggi Iyang (Argopuro – Raung) menjadi salah satu pusat persebaran situs-situs megalitikum ini.

Peninggalan megalitikum menjadi sangat menarik karena menjadi bukti nyata perjalanan peradaban manusia.

Sayangnya, situs megalitikum menjadi destinasi wisata yang kurang populer, padahal Jember daerah persebaran situs megalitikum berdampingan dengan potensi alam yang sangat indah dan budaya yang luar biasa.

“Inilah yang akan kita perkenalkan ke masyarakat luas melalui kegiatan jelajah purba,” ucap Ketua DPC HPI Jember, Hasti Utami.

Selanjutnya, jelajah purba menjadi langkah awal dalam mengembangkan kawasan wisata budaya terintegrasi Argopuro, Raung.

Di sisi lain, Kepala Disparbud Jember, Bambang Rudianto, berharap event ini terus diadakan agar potensi Kabupaten Jember semakin dikenal baik regional, nasional, bahkan internasional.

“Kegiatan ini dapat mendongkrak ekonomi masyarakat, terutama dari sektor pariwisata, UMKM, dan lainnya,” pungkas Bambang Rudianto.

Penulis: Zainul Hasan

Konten tidak dapat disalin