Emil Dardak Terkesima Keajaiban Batik Jember! Angkat Nilai Budaya hingga Wisata

Wagub Jatim, Emil Dardak, didampingi Bupati Jember, Hendy Siswanto, melihat batik khas Jember. (Foto: Diskominfo Jember for Brichio.com)
Wagub Jatim, Emil Dardak, didampingi Bupati Jember, Hendy Siswanto, melihat batik khas Jember. (Foto: Diskominfo Jember for Brichio.com)

Brichio.com, JEMBER – Dalam upaya menjaga keberlanjutan dan melestarikan kekayaan budaya, Bupati Jember, Hendy Siswanto, telah membuka Jambore Batik 2023 di Wisata Puncak Rembangan pada Jumat (28/7/2023).

Acara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, sejumlah OPD, serta para pengrajin batik dan pejabat setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Hendy mengajak para pengrajin batik untuk menjelajahi keindahan Jember.

Dia juga menyambut saran-saran Wagub untuk meningkatkan wisata di Jember agar semakin menarik.

Selain itu, Hendy juga menjelaskan bahwa Jambore Batik ini merupakan langkah menuju persiapan yang lebih matang untuk menggelar Jambore Batik keempat di Jember.

“Jember siap menjadi tuan rumah Jambore Batik tingkat nasional. Ini semangat yang sangat luar biasa,” ucap Hendy.

Dia menekankan pentingnya melestarikan kearifan lokal yang terdapat dalam batik sebagai warisan budaya yang akan diwariskan pada anak cucu.

Parade Batik 2023 merupakan kesempatan emas untuk mengawal dan memajukan budaya ini.

Selain memberi keuntungan bagi perekonomian daerah, Jambore Batik juga menjadi sarana untuk memperkenalkan kekayaan budaya kepada masyarakat.

“Kita perlu menjaga dan bangga dengan warisan nenek moyang yang dapat dikenal di seluruh dunia,” ujar Hendy.

Tidak hanya itu, hadirnya Emil Dardak juga menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi pemerintah daerah maupun warga Jember.

Emil sangat terkesan dengan semangat Bupati Hendy, dalam memperkenalkan Jember kepada dunia melalui budaya dan kearifan lokal.

Emil menegaskan betapa pentingnya batik sebagai produk unggulan yang dapat mengangkat reputasi Indonesia di mata internasional.

Yang tak kalah penting adalah, motif dan desain batik yang ada sangat kreatif dan beragam.

“Marilah kita memiliki optimisme yang tinggi untuk masa depan. Para pengrajin batik tidak perlu ragu untuk meningkatkan produksi dan kreativitas mereka. Dengan pulihnya perekonomian, masyarakat juga akan merasakan kemakmuran yang lebih baik,” ungkap Emil.

Dengan adanya Jambore Batik 2023 di Jember ini, kata Emil, dapat melihat betapa pentingnya menjaga dan mempromosikan budaya.

“Mari dukung dan ikuti perkembangan dunia batik yang tak pernah berhenti berinovasi,” pungkas Emil.

Penulis: Zainul Hasan | Editor: Hermanto

Konten tidak dapat disalin