BPJS Kesehatan Jember Gelar JKN Awards 2025, Sejumlah Stakeholder Dapat Penghargaan

BPJS Kesehatan Jember memberikan piagam penghargaan kepada stakeholder terkait, Senin (26/5/2025). (Foto: Zainul Hasan)
BPJS Kesehatan Jember memberikan piagam penghargaan kepada stakeholder terkait, Senin (26/5/2025). (Foto: Zainul Hasan)

JEMBER – Dalam upaya memperkuat implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Jember, BPJS Kesehatan Cabang Jember menggelar JKN Awards 2025 di Hotel Fortuna Grande, Senin (26/5/2025).

Kegiatan ini menjadi momen untuk memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang telah berkontribusi nyata dalam mendukung capaian UHC Prioritas di daerah tersebut.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Jember yang diwakili oleh Kepala Bagian Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan, Anang Rakhman Riyadi, menyampaikan bahwa keberhasilan UHC di Jember merupakan hasil kerja bersama lintas sektor.

“Hasil UHC Prioritas yang sudah dicanangkan oleh Bupati Jember tentunya tidak lepas dari kontribusi dan keterlibatan berbagai pihak, baik itu Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kominfo, DPMD, dan lainnya,” ujar dia.

Menurut Anang, acara JKN Awards ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi sekaligus penyemangat bagi para stakeholder agar tetap konsisten mendukung keberlanjutan program JKN, yang telah digagas pemerintah sejak 2014.

Dia juga menekankan bahwa JKN merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian negara terhadap kesehatan rakyat.

“Dengan adanya JKN, ketika masyarakat mengalami kondisi sakit, baik yang ringan maupun yang membutuhkan pembiayaan besar, bisa tercover dalam program ini,” jelas dia.

Selain penyerahan penghargaan, acara juga dirangkai dengan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan terhadap UHC.

Salah satu narasumber utama adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember yang menyampaikan materi teknis terkait peran dinas dalam mengawal keberlanjutan UHC.

Apresiasi untuk Mutu Layanan dan Partisipasi Desa

Kepala Bagian SDM, Umum, dan Komunikasi BPJS Kesehatan Jember, Fuad Manar, dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan lain dari pelaksanaan JKN Awards adalah menjaga mutu layanan fasilitas kesehatan.

Terlebih, kata Dia, Pemkab Jember telah mengalokasikan anggaran yang tidak sedikit untuk mendukung program JKN.

Penghargaan ini tidak hanya diberikan kepada fasilitas kesehatan, tetapi juga kepada desa-desa yang aktif dalam mendukung peningkatan cakupan kepesertaan JKN.

“Kami bertugas untuk menjaga mutu pelayanan fasilitas kesehatan yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Jember. Karena itu, kami berinisiatif memberikan reward kepada fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan,” tutur dia.

Terdapat empat kategori utama penghargaan dalam JKN Awards 2025, yaitu:

  1. Transformasi Digital: Penggunaan teknologi dalam pelayanan JKN.
  2. Pemudahan Akses: Upaya mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi dan layanan JKN.
  3. Implementasi Model JKN Inovatif: Pengembangan dan penerapan model layanan yang efisien.
  4. Keaktifan Desa dalam Kepesertaan JKN: Partisipasi desa dalam mendukung cakupan peserta JKN, baik melalui UHC maupun program Pemda.

Daftar Penerima JKN Awards 2025:

  • Capaian angka kontak FKTP terbaik Triwulan I 2025: Puskesmas Sumberbaru
  • Indikator kepatuhan FKTP terbaik Triwulan I 2025: Puskesmas Umbulsari
  • Pemanfaatan antrean online Mobile JKN terbaik: Puskesmas Umbulsari
  • Pemanfaatan SIPP FKTP terbaik: Puskesmas Kalisat
  • Pemanfaatan PRB aktif FKTP terbaik: Puskesmas Panti
  • Pemanfaatan SISRUTE terbaik: Puskesmas Panti dan Puskesmas Ajung
  • Desa dengan tingkat keaktifan peserta JKN tertinggi 2025: Desa Karangpaiton, Kecamatan Ledokombo; Desa Sumberketempa dan Sebanen, Kecamatan Kalisat

Fuad berharap penghargaan ini dapat menjadi penyemangat bagi seluruh fasilitas kesehatan dan pemerintah desa untuk terus memberikan pelayanan terbaik serta memperluas jangkauan peserta JKN.

“Kita ingin memastikan bahwa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat benar-benar berkualitas dan dapat diakses oleh seluruh warga, tanpa terkecuali,” ujar Fuad.

Dengan adanya penghargaan ini, BPJS Kesehatan Jember menegaskan komitmennya untuk terus bersinergi dengan seluruh elemen pemerintah daerah dalam membangun sistem layanan kesehatan yang inklusif, berkelanjutan, dan berorientasi pada kualitas hidup masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *